Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Energi Terbarukan dan Energi Tak Terbarukan

 


Energi Terbarukan dan  Energi Tak Terbarukan

Energi Terbarukan dan  Energi Tak Terbarukan - Energi sangat dibutuhkan oleh setiap manusia, baik itu dalam bentuk energi terbarukan maupun energi tak terbarukan. Mulai dari hal yang sederhana seperti makan, kita butuh energi untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan makanan yang lezat dan siap santap. Bahkan makanan yang tidak bisa kita cerna dalam bentuk alaminya dengan energi bisa menjadi makanan pokok kita, seperti beras, kentang dan gandum. Energi tidak hanya mengubah kondisi kimia dari makanan, namun juga biologinya. 

Tahukah kalian kita sebagai manusia pada dasarnya tidak bisa hidup tanpa energi?

Pernah nonton National Geographic channel? disana ada satu episode yang menurut gw insightful banget dimana pembahasannya adalah mengenai energi. Dimana hanya sesederhana penemuan api, sebagai energi pertama yang berhasil dikendalikan oleh manusia ternyata dapat merubah arah sejarah kita, membuat manusia yang tadinya buruan menjadi pemburu. Membuatkan manusia bahan baru yang lebih kuat, lebih ringan dan lebih unggul daripada batu. Dengan api kita menemukan bahwa mineral bisa dicetak dan dibentuk menjadi sesuatu yang baru.

Bahkan sejak manusia berhasil mengendalikan energi seluruh teknologi berubah dan era modernisasi dimulai.

Energi bahkan sampai pada mengevolusi alat dan teknologi kita

Bahkan untuk gw bisa ngebuat artikel ini juga butuh energi. Jadi pada dasarnya seluruh segi kehidupan kita tuh sebenernya ditopang oleh energi.

Tapi kalian tau ga, energi itu sebenernya apa? terus energi asalnya dari mana?

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha

Contohnya usaha gw ngebuat artikel ini tuh cuma buat sesimpel mau berbagi cara pandang gw ke kalian.hehe. Jadi gw butuh energi listrik supaya laptop dan lampu bisa nyala, supaya gw bisa ngetik sambil ngeliat ke keyboard pas lagi ngetik.

Nah tapi energi itu ga cuma energi listrik, energi listrik hanya salah satu dari bentuk energi, dan masih ada setidaknya empat bentuk energi lain yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari hari. Kira kira apa aja ya?

1. Energi Mekanik yang digunain turbin buat menghasilkan listrik

2. Energi Kimia yang dipake pada bahan bakar supaya mobil bisa bergerak, kemudian batre pada perangkat elektronik seperti smartphone menggunakan energi kimia.

3. Energi Radiasi yang fungsinya mancarin gelombang elektromagnetik kaya yang dipake di HP supaya chat kamu bisa sampe ke si doi.hehe

4. Energi Nuklir yang berkaitan dengan inti atom dan dapat menghasilkan energi yang sangat besar.

Jadi energi energi ini tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk energi ke bentuk yang lain. Inilah yang disebut dengan konversi energi.

Energi Terbarukan dan  Energi Tak Terbarukan

Terus apa gunanya konversi energi ini?

Jadi kalau kalian sadar, konversi energi ini tuh banyak banget kegunaanya didalam kehidupan kita sehari sehari. Contoh sederhananya lampu, bisa menyala karna adanya proses dari konversi energi dari listrik kemudian menjadi radiasi cahaya sehingga mata kita bisa melihat dimalam hari. Speaker yang kita pakai ketika lagi menyetel musik mengubah energi listrik menjadi energi kinetik, kemudian menjadi energi bunyi dan masih banyak lagi aplikasi dari konversi energi dalam kehidupan sehari hari yang mungkin gabisa gw sebutin satu satu.

Tapi dari mana sebanarnya energi ini muncul?

Berdasarkan Asalnya Energi Dapat Dibagi Menjadi 2 

1 Energi Primer
Energi ini bersumber dari alam (contohnya : Air, Angin, Matahari, Kayu, Batu bara, Minyak)

2. Energi Sekunder
Energi yang berasal dari sumber energi primer yang sudah diolah terlebih dahulu (contohnya: listrik dan gas)

Berdasarkan Ketersediaanya di Alam 

Berdasarkan ketersediaanya di alam, energi dapat dibagi menjadi Energi Terbarukan dan  Energi Tak Terbarukan. Apa itu energi terbarukan dan tidak terbarukan?

1. Energi terbarukan 
Energi yang sumbernya tidak akan habis / sumbernya bisa cepat pulih lagi secara alami dan prosesnya berkelanjutan (energi dari panas bumi, matahari, angin, air, biomasa)

2. Energi Tak Terbarukan
Energi yang asalnya dari sumber-sumber dengan jumlah terbatas di bumi ini/sumber energinya dapat habis (Contohnya berbagai produk bahan bakar fosil seperti Minyak bumi, Gas alam, dan Batu bara). Selain contoh tersebut energi nuklir yang umumnya berasal dari uranium pun termasuk ke dalam energi tak terbarukan karena jumlah uranium yang terbatas di alam.

Kenapa batu bara, dan Minyak bumi masuk ke dalam energi tidak terbarukan??

Batu Bara

Energi Terbarukan dan  Energi Tak Terbarukan

Jadi benda yang berwarna hitam dan mudah terbakar ini sebenernya jumlahnya cukup terbatas dialam. Energi yang kita gunakan dari batu bara pada saat ini berasal dari tumbuhan yang telah menyerap energi dari sinar matahari jutaan tahun yang lalu melalui proses fotosintesis. Batu bara terbentuk jutaan tahun yang lalu ketika tumbuhan mati, kemudian tertimbun dalam tanah dan terurai menjadi zat zat yang lebih sederhana.  Panas dan tekanan yang tinggi membuat unsur O2, N2, dan H2 yang terkandung dalam tumbuhan menguap keluar dari dalam timbunan dan hanya meninggalkan karbon di dalam tanah. Nah sisa karbon inilah yang kita kenal sebagai batu bara

Berdasarkan panas dan tekanan yang diterima selama masa pembentukannya, Batu bara dibagi menjadi 4 jenis:

1. Lignite sebagai batu bara dengan kualitas yang paling rendah (mengandung 25% - 30% karbon)

2. Sub bituminous (mengandung 25% - 45% karbon)

3. Bituminous (mengandung 45% - 86% karbon)

4. Antrasit sebagai batu bara high grade/kualitas paling baik (mengandung 86% - 98% karbon)

Gimana udah bisa ketebak? kenapa batu bara masuk ke dalam energi tidak terbarukan?

Jadi seperti yang udah gw paparkan diatas, karena batu bara terbentuk dari tumbuhan yang tertimbun jutaan tahun yang lalu berarti ada kemungkinan batu bara ini akan habis dan kita bakal butuh jutaan tahun lagi untuk menghasilkan batu bara. 

Batu bara disebut sebagai sumber energi yang tidak terbarukan, karena ga bisa didaur ulang dalam siklus hidup manusia.

Sekian pembahasan mengenai Energi Terbarukan dan  Energi Tak Terbarukan semoga artikel ini bermanfaat.


Sumber Gambar   : https://pixabay.com/id/vectors

                                https://publicdomainvectors.org/id/bebas-vektor/Ikon-kimia

                                https://id.pngtree.com/freepng/coal-mine-icon-for-your-project_4852206.html


Post a Comment for "Energi Terbarukan dan Energi Tak Terbarukan"