Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Sistem Starter dan Dasar-dasar Prinsip Kerja Starter

Fungsi Sistem Starter dan Dasar-dasar Prinsip Kerja Starter - Sistem starter adalah sistem pada kendaraan yang berperan sebagai penggerak mula. Salah satu bagian dari kelistrikan kendaraan yang selalu ada dalam dunia otomotif. Mau kalian pakai mobil ataupun sepeda motor pasti kendaraan yang kalian pakai memiliki fitur starter.

Fungsi Sistem Starter

Sistem starter merupakan sistem yang berfungsi menghasilkan tenaga gerak untuk memutar poros engkol agar mesin dapat hidup. 
Torsi yang dibutuhkan untuk memutar poros engkol motor bensin 4 – 6 silinder dengan kapasitas silinder 1000 sampai 2000 cc mencapai 6 kgm dengan kecepatan putar poros engkol antara 60 – 90 rpm. Bila torsi yang dihasilkan kurang maka putaran motor menjadi rendah atau tidak dapat berputar sama sekali, sehingga proses pemasukan maupun kompresi tidak memenuhi syarat untuk proses pembakaran.

Singkatnya, bila torsi yang dihasilkan motor starter kurang maka motor sulit hidup.

Konsep Dasar Kelistrikan 💡 

Bila suatu penghantar dialiri listrik maka di sekeliling penghantar akan timbul medan magnet. 
Hubungan antara arah arus dan arah medan magnet digambarkan dengan kaidah ibu jari tangan kanan Fleming atau ulir kanan. Kaidah tersebut menjelaskan bila suatu penghantar dialiri listrik searah ibu jari maka arah medan magnet adalah searah keempat jari yang lain. Arah medan magnet yang dihasilkan sama dengan arah sekerup kanan yaitu arah bila mengencangkan sekerup atau menjauh arah putar sekerup searah jarum jam dan bila mengendorkan atau mendekat arah putar sekerup berlawanan dengan jarum jam.
Fungsi Sistem Starter dan Dasar-dasar Motor Starter
Ilustrasi medan magnet disekeliling penghantar yang dialiri listrik

Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi Gerak pada Motor DC

Bila suatu penghantar dialiri arus listrik dengan arah menjauh dari kita maka akan menghasilkan medan magnet searah jarum. Bila penghantar tersebut berada diantara kutup magnet maka medan magnet yang searah akan saling menguatkan dan yang arahnya berlawanan akan saling melemahkan, dengan demikian terdapat perbedaan kuat medan magnet pada sisi penghantar. Perbedaan kuat medan magnet tersebut menyebabkan penghantar akan bergerak ke arah medan magnet yang lemah.

Fungsi Sistem Starter dan Dasar-dasar Motor Starter
Hubungan antara arah arus listrik, arah garis gaya magnet dan arah gerakan digambarkan dengan kaidah tangan kiri Fleming. Jari telunjuk menggambarkan arah arus listrik, jari tengah merupakan arah garis gaya magnet (magnetic flux) dan ibu jari menunjukkan arah gerakan yang dihasilkan.
Fungsi Sistem Starter dan Dasar-dasar Motor Starter
Ilustrasi Kaidah tangan kiri fleming

Dengan konsep tersebut bila suatu penghantar dibentuk “U” dan ujung penghantar dihubungkan dengan komutator. Komutator dihubungkan dengan sikat dan kedua sikat dihubungkan baterai, maka penghantar yang arah alirannya menjauh akan bergerak ke bawah dan yang arah aliran mendekat akan bergerak ke atas. Kedua arah gerak tersebut membuat gaya kopel atau momen putar dengan arah putaran searah jarum jam. Kuat momen yang dihasilkan tergantung dari kuat medan magnet, besar arus yang mengalir dan panjang lilitan.

Fungsi Sistem Starter dan Dasar-dasar Motor Starter
Ilustrasi prinsip gerakan elektromagnetik

Saat penghantar berputar maka kamutator yang berhubungan dengan sikat positip akan berpindah berhubungan dengan sikat negatip, demikian juga sebaliknya. Namun arah aliran listrik penghantar yang dekat kutub utara tetap yaitu menjauh dan yang dekat kutub selatan arah alirannya mendekat, dengan demikian maka arah gerak penghantar akan tetap yaitu searah jarum.

Fungsi Sistem Starter dan Dasar-dasar Motor Starter
Ilustrasi prinsip kerja motor starter

Prinsip kerja Motor starter satu siklus dapat dijelaskan sebagai berikut :

Arus listrik mengalir dari baterai - sikat positif - komutator - sikat negatif - baterai. 

Itulah pembahasan mengenai Fungsi Sistem Starter dan Dasar-dasar Motor Starter. Baca juga mengenai cara kerja sistem starter di ilmuvokasi.com

Post a Comment for "Fungsi Sistem Starter dan Dasar-dasar Prinsip Kerja Starter"