Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Sistem Injeksi K-Jetronik, L-EFI Dan D-EFI

Perbedaan Sistem Injeksi K-Jetronik, L-EFI Dan D-EFI - Sistem injeksi bahan bakar pada mesin mobil telah mengalami banyak perkembangan sejak ditemukan. Berikut adalah perbedaan antara tiga sistem injeksi bahan bakar pada mesin mobil yang umum digunakan, yaitu K-Jetronic, L-EFI, dan D-EFI:

Perbedaan Sistem Injeksi K-Jetronik, L-EFI Dan D-EFI

Sistem Injeksi K-Jetronic

Sistem injeksi K-Jetronic adalah sistem injeksi bahan bakar mekanik yang dikembangkan oleh Bosch pada tahun 1973. Sistem ini menggunakan pompa bahan bakar mekanik untuk menghasilkan tekanan bahan bakar yang dibutuhkan oleh injector untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin. Sistem K-Jetronic menggunakan sensor udara dan sensor temperatur untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam mesin dan suhu udara tersebut. Kemudian, informasi ini digunakan oleh ECU (Electronic Control Unit) untuk mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam mesin.

Sistem Injeksi L-EFI (Tipe Air Flow Control)

Perbedaan Sistem Injeksi K-Jetronik, L-EFI Dan D-EFI

Asal kata "L" merupakan istilah dari bahasa jerman "Luft" yang artinya "Udara"
Sensor utama EFI tipe L adalah Air Flow Meter (AFM)

Fungsi Air Flow Meter (AFM) adalah fungsi untuk mengukur atau mendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam saluran intake manifold

Metode pendeteksian : 
  1. Langsung mengukur massa intake udara
  2. Membuat koreksi berdasarkan volume udara
Dengan memantau aliran udara yang masuk, AFM pada EFI tipe L dapat membantu memastikan bahwa mesin dapat beroprasi dengan efisiensi dan memungkinkan pengemudi untuk merasakan performa yang lebih baik, serta emisi yang lebih rendah.

Sistem injeksi L-EFI (throttle body injection) adalah sistem injeksi bahan bakar yang menggunakan satu injector tunggal untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold pada setiap kali throttle dibuka. Sistem ini menggunakan sensor throttle posisi dan sensor oksigen untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam mesin dan konsentrasi oksigen dalam gas buang. Informasi tersebut kemudian digunakan oleh ECU untuk mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam mesin.

Sistem Injeksi D-EFI

Perbedaan Sistem Injeksi K-Jetronik, L-EFI Dan D-EFI

Asal kata "D" merupakan istilah dari bahasa jerman "Druck" yang artinya Tekanan
Sensor utama EFI tipe D adalah Manifold Absolute Pressure (MAP Sensor)

Sistem EFI Tipe D sering juga disebut "D-Jetronic" yaitu merk dagang dari Bosch, dan Jetronic disini artinya adalah penginjeksian.

Fungsi MAP Sensor adalah mengukur atau mendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam saluran intake manifold berdasarkan kevakuman yang ada di dalam intake manifold.

Contoh mobil yang menggunakan EFI tipe D:
  • Avanza
  • Terios 
  • Rush 
  • Timor
Sistem injeksi D-EFI adalah sistem injeksi bahan bakar yang menggunakan injector pada setiap intake port untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin. Sistem ini menggunakan sensor throttle posisi, sensor oksigen, sensor temperatur, dan sensor deteksi knock untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam mesin, suhu udara, konsentrasi oksigen dalam gas buang, dan deteksi knock pada mesin. Informasi ini kemudian digunakan oleh ECU untuk mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke setiap intake port secara individu.

Ketiga sistem injeksi bahan bakar di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sistem injeksi K-Jetronic meskipun termasuk sistem injeksi mekanik, namun masih memerlukan beberapa sensor elektronik. Sistem injeksi L-EFI lebih simpel dan lebih murah daripada sistem injeksi D-EFI, tetapi performa dan efisiensi bahan bakar cenderung lebih rendah. Sistem injeksi D-EFI merupakan sistem injeksi bahan bakar paling canggih dan paling efisien, tetapi juga paling rumit dan mahal.

Sekian pembahasan mengenai Perbedaan Sistem Injeksi K-Jetronik, L-EFI Dan D-EFI. Cari tau juga seputar pembahasan lain seputar teknologi EFI pada artikel lain di ilmuvokasi.com

Post a Comment for "Perbedaan Sistem Injeksi K-Jetronik, L-EFI Dan D-EFI"