Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Merawat Motor Agar Motor Awet dan Bertenaga

Tips Cara Merawat Motor Agar Awet dan Bertenaga - Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan saat ini. irit, praktis, dan bertenaga merupakan keuntungan utama dari penggunaan sepeda motor. Namun seiring berjalananya waktu motor akan mengalami penurunan performa. Ini sebenarnya merupakan hal wajar, karena tiap komponen mekanis maupun statis pada kendaraan kita pasti akan mengalami penurunan kualitas baik itu perubahan ataupun kerusakan selama pemakaian seiring berjalannya waktu.

Namun demikian, meskipun kita tidak bisa menghentikan laju kerusakan, ternyata kita dapat membuat motor menjadi awet dan tetap bertenaga (mengendalikan laju kerusakan yang mungkin terjadi). 

Perawatan pada motor lah kuncinya! Berikut merupakan cara merawat motor yang bisa kalian lakukan di rumah tanpa harus ke bengkel. Cukup lakukan tips mudah merawat motor seperti berikut.

Tips Merawat Motor Baru

Tips Cara Merawat Motor Agar Motor Awet dan Bertenaga

Berikut adalah 6 tips sederhana untuk merawat motor baru yang bisa kalian lakukan dirumah. Semua jenis motor, baik itu jenis motor bebek, matik ataupun motor sport sekalipun wajib memperhatikan hal hal berikut.

Inilah cara sederhana yang wajib anda lakukan ketika atau sebelum menggunakan motor.

1. Panaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan

Tips pertama ini merupakan tips merawat motor paling mudah dan biasa dilakukan oleh orang-orang sebelum menggunakan kendaraan. Memanaskan motor sebelum digunakan, biasanya dilakukan saat pagi hari setelah mesin motor mati semalaman. Kalian cukup memanaskan motor selama 5 menit sebelum digunakan, sudah sangat membantu untuk menjaga kondisi motor anda agar awet dan bertenaga.

Dalam waktu 5 menit itu mesin sudah cukup hangat dan biarkan suhu meningkat secara alami ketika digunakan. Karenanya anda tidak perlu memanaskan motor lama-lama, karna itu hanya akan membuang bahan bakar saja.

2. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Kendaraan terbaru yang diproduksi sekarang direkomendasikan oleh pabrikan untuk menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan diatas 90. Perbandingan kompresi yang tinggi  dan cc motor yang semakin tinggi menuntut penggunaan bahan bakar dengan kekuatan menahan kompresi yang lebih baik. Karenanya untuk membuat sistem injeksi pada motor bekerja dengan baik anda perlu menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90.

Penggunaan bensin dengan nilai oktan tinggi menjadikan pembakaran dalam mesin berjalan sempurna dan tidak menyisakan kerak pada cylinder head dan juga injector sehingga mesin jadi lebih awet. Selain itu penggunaan bahan bakar beroktan tinggi akan mencegah terjadinya knocking/ketukan pada mesin yang tentunya akan membuat mesin motor anda lebih awet.

3. Bawalah Barang Bawaan Sesuai Kapasitas Motor Anda

Cara merawat motor selanjutnya adalah tidak membawa barang bawaan melebihi kapasitas maksimal. Jadi berapa kapasitas motor pada umumnya?

Jadi beban maksimal yang dapat ditopang sepeda motor adalah antara 120 – 130 kg. Beban yang berat akan membuat tekanan pada ban menjadi bertambah, memberatkan kerja dari shockbreaker, dan membuat bahan bakar menjadi boros. Efek paling parahnya ternyata membawa beban berlebih akan membuat kinerja mesin juga turut terkuras karena dipaksa menghasilkan tenaga di luar batas maksimalnya yang tentunya berpotensi merusak mesin.

4. Jangan Sampai Bensin Habis!

Kendaraan injeksi yang kalian pakai sudah menggunakan kontrol elektronik untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injektor. Dimana untuk menaikan bahan bakar ini digunakanlah pompa bahan bakar (Fuel pump). Agar bisa berfungsi dengan baik, maka komponen ini memerlukan pendingin yang didapat dari bahan bakar. Maka dari itulah jika bensin yang terdapat di dalam tangki bahan bakar habis maka akan membuat pompa jadi panas, dan jika keseringan tentunya fuel pump bisa rusak. Kerusakan pompa ini  tentunya akan membuat motor anda tidak bisa dioprasikan.

5. Sering-sering Bersihkan Motor

Tips selanjutnya adalah membersihkan motor. Ini merupakan cara merawat motor yang terbilang mudah. Kalian dapat mencuci ataupun mengelap kendaraan jika kondisinya sudah kotor. Membersihkan motor tidak hanya berguna menjaga tampilan motor agar enak dipandang saja, tetapi juga membersihkan kotoran yang mungkin menempel pada body, mesin atau pada kanvas rem.

Ketika mencuci motor anda bisa menggunakan shampoo motor agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu juga semprotkan air dengan kencang pada bagian berdebu agar tidak menimbulkan goresan saat digosok. 

Saat musim hujan, segera cucilah motor setiap habis kehujanan karena air hujan sifatnya cenderung asam dan dapat menimbulkan karat yang akan membuat bagian yang terbuat dari besi cepat keropos. Setelah dicuci, segera keringkan motor agar tidak menyisakan bercak putih pada body motor dan lanjutkan dengan silicon agar lebih mengilap.

6. Hindari Paparan Sinar Matahari secara Langsung

Paparan sinar matahari secara langsung akanmenyebabkan retakan pada kaca spedometer dan juga membuat warna body motor menjadi kusam dan memudar. 

Usahakan untuk mencari tempat yang teduh saat parkir atau gunakan mantel penutup agar motor terlindung dari paparan UV secara langsung.

Itulah 6 cara sederhana merawat motor baru yang bisa Anda lakukan tanpa harus ke bengkel. Cara diatas merupakan tindakan sederhana untuk merawat motor dimana faktor faktor diatas bisa anda kendalikan. Melakukan Perawatan secara rutin akan membuat motor lebih awet, tidak gampang rusak dan performa tetap maksimal. cari tau informasi lainnya di Ilmuvokasi.com

Post a Comment for "Tips Cara Merawat Motor Agar Motor Awet dan Bertenaga"