Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil

Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil - Sebelumnya sudah dibahas mengenai jenis aki/baterai, baik itu aki mobil/ aki motor, mari sekarang kita cari tahu lebih jauh mengenai kode yang terdapat pada tiap aki/baterai supaya kita ga salah beli ketika akan melakukan penggantian aki. Selain itu dengan membaca kode aki kita bisa tau kapan aki tersebut diproduksi, jadi kita ga akan salah pilih beli aki.

Berikut kode yang terdapat di aki/baterai mobil:

Pada aki biasanya dicantumkan kode dengan mengacu pada 2 standar, yaitu:

1. Japan Industrial Standard (JIS)

2. Deutsches Institut Für Normung (DIN)

Untuk Indonesia sendiri karena di negara kita yang banyak beredar adalah kendaraan kendaraan dari pabrikan jepang, jadi market pasar untuk aki standar JIS sangat tinggi. Standar jenis inilah yang banyak tersedia di pasaran.

Kode aki dapat dilihat langsung di sekitaran kotaknya

Perbedaan aki standar JIS dan DIN dapat dilihat secara visual melalui kotaknya. Untuk aki standar JIS biasanya Letak kepala aki (kutub) nya muncul, sedangkan untuk tipe DIN tenggelam.

Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil

Aki/Batrai Japan Industrial Standard

Contoh Kode Aki Mobil (JIS)

Informasi Kode Pengenal baterai

Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil, Cek Disini!

1. Kemampuan

Menunjukan Kapasitas aki/baterai secara tidak langsung. Berikut merupakan hubungan antara kode pengenal baterai dan kapasitasnya.

Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil, Cek Disini!
Kapasitas baterai disini adalah jumlah listrik yang disimpan baterai yang dapat dilepaskan sebagai sumber listrik (dinyatakan dalam Ah)

2. Lebar dan Tinggi Baterai

Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil, Cek Disini!

Menunjukan dimensi baterai, Berikut merupakan pengkodean untuk lebar dan tinggi dari baterai:

Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil, Cek Disini!
3. Panjang Baterai

Panjang baterai dihitung dengan satuan centimeter (cm) Contoh pada angka "24" Informasi Kode Pengenal baterai artinya panjang baterai adalah 24 centi meter

4. Posisi Terminal Positif

Posisi terminal positif baterai ditunjukan oleh kode R/L artinya terminal positif terdapat di sebelah kanan atau kiri dari baterai.

Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil, Cek Disini!

Diatas adalah salah satu kode yang tertera, namun untuk JIS sendiri biasanya tertera juga kode aki seperti NS40ZLS.

Berikut merupakan cara membaca aki dengan kode NS40ZLS

Huruf N yang tertera pada aki ini artinya "Normal", S artinya pengurangan daya aki sebesar 20%, angka 40 menunjukan daya utama aki, Z merupakan kode untuk penambahan daya aki sebesar 10% setelah dikurangi 20% (S pertama), dan Huruf L menandakan letak kutub negatif aki (sebelah kiri), S trakhir artinya aki tersebut memiliki kutub ukuran besar.

Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil, Cek Disini!
Berdasarkan kode aki NS40ZLS:dapat diketahui daya dari aki tersebut adalah 32 Ah, kenapa 32 Ah dan tidak 40? ini dilihat dari kodenya, jadi aki dengan kode NS40ZLS karena dibelakang huruf N nya terdapat kode huruf S maka 40 Ah - 20% + 10% = 35 Ah, Jadi aki dengan kode NS dayanya akan lebih kecil dari Kode N (normal).

Selain itu beberapa contoh kode aki
  • Aki dengan kode N 40 : artinya daya utamanya 40 Ah, dan kepala akinya besar walaupun tidak ada huruf S dibelakangnya karena kode awalnya N bukan NS.
  • Aki dengan kode NS 40 : Kapasitasnya 32 Ah (40 - 20%)
  • Aki dengan kode NS 40 Z : Kapasitasnya 35 Ah (40 - 20% + 10%)
  • Aki dengan kode N 70 : Kapasitasnya 70 Ah
  • Aki dengan kode N 70 Z: Kapasitasnya 75 Ah
Catatan: Untuk Kode L sebagai penanda kutub negatif, jadi ketika di suatu kode aki tidak terdapat kode huruf L artinya kutub negatifnya (-) berada di sebelah kanan.

Kode Aki Baru

Kode aki yang sebelumnya NS40 sekarang banyak dituliskan menjadi 32B20R atau NS 60 dituliskan juga 46B24R. Untuk deskripsinya bisa dilihat pada kode aki di tabel dan gambar 1 diatas.

Kode Aki Deutsches Institut Für Normung (DIN)

Aki jenis ini dipakai oleh mobil mobil pabrikan eropa. Pada aki ini pengkodean menggunakan 5 digit angka, Perlu diperhatikan mengenai perubahan 3 digit angka di depan, yaitu:
  • Angka pertama 5 : menjadi 0
  • Angka pertama 6 : menjadi 1
  • Angka pertama 7 : menjadi 2
Contoh pada aki dengan kode 54533, Bagaimana cara membaca kode aki tersebut?
Ok kita tingga ikutin aja aturan perubahannya, karena angka pertamanya adalah 5 maka kita ubah menjadi 0, dan angka ke 2 dan ketiganya tetap, maka dari hasil pembacaan kode aki tersebut dapat diketahui kapasitas atau daya akinya adalah 045 Ah = 45 Ah
Jika pada kotak baterainya terdapat kode 56420, nah kita bisa langsung simpulkan bahwa daya dari aki tersebut adalah 064 Ah/ 64 Ah.

Gimana kalo kode aki DIN ini depannya angka 6?

Contoh misalnya aki Yuasa dengan DIN - 60038 yang dipakai pada kendaraan merchedes Benz (C, E, S Class th '02), berarti kapasitas/daya dari akinya adalah 100 Ah. 

Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil, Cek Disini!
Catatan : perlu diperhatikan ketika akan melakukan penggantian aki, sebaiknya kalian tau terlebih dahulu kode aki standar yang biasa dipakai dimobil kalian, dan perhatikan jenis pole yang dipakai apakah tenggelam atau tidak.
Pada aki standar JIS, polenya tidak tenggelam dan aki standar DIN polenya tenggelam

Cara Membaca Kode Produksi Aki

Aki Yuasa
Pengkodean aki mobil merk yuasa menggunakan pengkodean dengan 7 digit angka sebagai berikut:
  • Digit 1 dan 2 : Tanggal produksi
  • Digit 3 dan 4 : Bulan produksi
  • Digit 5 dan 6 : Tahun produksi
  • Digit terakhir : Kode negara produksi
Contoh kode aki yuasa: 0809209, nah bila kita sudah bisa membaca kode aki tersebut kita bisa tahu bahwa aki itu diproduksi pada 8 september tahun 2020 di Indonesia.

Sekian artikel mengenai Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil, semoga setelah membaca ini, kalian ga bingung lagi ketika mau melakukan penggantian aki. Cari tau informasi lainnya di Ilmuvokasi.com

Post a Comment for "Cara Membaca Kode Aki/baterai mobil"