Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Panas Laten dan Panas Sensibel

Perbedaan Panas Laten dan Panas Sensibel - Pertama kita harus tahu terlebih dahulu apa itu sebenarnya panas? Panas adalah bentuk energi yang dipindahkan antara 2 sistem atau satu sistem dan lingkungannya berdasarkan perbedaan suhunya. Jadi pada dasarnya perpindahan energi ini hanya dapat terjadi jika ada perbedaan suhu.

Perbedaan Panas Laten dan Panas Sensibel

Perbedaan Panas Laten dan Panas Sensibel

Panas Laten

Perbedaan Panas Laten dan Panas Sensibel
Merubah wujud tapi tidak merubah suhu
Panas laten adalah panas yang diperlukan untuk mengubah fasa suatu zat, seperti dari padat menjadi cair atau dari cair menjadi gas, tanpa perubahan suhu.

Panas laten diserap atau dilepaskan saat perubahan fase terjadi, tetapi suhu zat tetap konstan selama proses ini. Misalnya, ketika es mencair, es menyerap panas laten dari sekitarnya untuk menjadi air tanpa meningkatkan suhunya.

Panas Sensibel

Perbedaan Panas Laten dan Panas Sensibel
Merubah suhu tapi tidak merubah wujud
Panas sensibel adalah panas yang diperlukan untuk meningkatkan suhu suatu zat tanpa mengubah fase.

Panas ini dapat diukur dengan menggunakan termometer. Ketika panas ditambahkan ke suatu zat, suhunya naik, dan ketika panas diambil dari zat, suhunya turun. Misalnya, ketika menambahkan panas ke panci air, suhu air akan meningkat secara bertahap sampai mencapai titik didih, di mana air mulai mendidih dan panas laten terjadi saat air berubah menjadi uap.

Sekian pembahasan mengenai Perbedaan Panas Laten dan Panas Sensibel, cari juga informasi seputar dunia otomotif dan sains pada artikel lain ilmuvokasi.com

Post a Comment for "Perbedaan Panas Laten dan Panas Sensibel"