Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hidrokarbon: Pengertian, Jenis dan Kegunaan Senyawa Hidrokarbon

 

Pernahkah kalian mendengar kata hidrokarbon? 

Pengertian Hidrokarbon - Mungkin bagi sebagian besar orang kata ini cukup terdengar asing. Tapi ternyata si hidrokarbon ini ada di sekitar kita dan berguna bagi kita untuk menunjang kehidupan sehari hari. Jadi kira-kira apa ya hidrokarbon itu?

Ternyata di bumi, senyawa hidrokarbon ada dimana mana, yang paling umum kita pakai yaitu produk olahan minyak bumi, semuanya mengandung hidrokarbon. Solar, minyak, LPG dan bensin yang paling umum kita pakai adalah hidrokarbon. Bahkan sampai pada senyawa-senyawa organik yang ada di tubuh kita, tetap mengandung unsur karbon. Jadi sebenernya karbonnya sendiri tuh merupakan unsur yang sangat spesial.

Apa Itu Hidrokarbon?
Sumber: Pixabay.com

Kenapa si Unsur Karbon itu Spesial?

Jadi ini bermula dari posisinya pada tabel periodik unsur (SPU), by the way bagi kalian yang belum tau tentang SPU, ini ada ya dipelajaran kimia. Kalau kamu lihat pada tabel periodik unsur, Karbon itu posisinya ada pada golongan 14, sama dengan semua unsur yang ada di golongan ini, karbon punya 4 elektron valensi. Artinya ada 4 elektron yang siap banget untuk berikatan dengan unsur-unsur lain. Karena banyak banget elektron valensi yang tersedia, karbon dapat berikatan dengan 4 unsur lainnya dalam waktu yang bersamaan. Selain itu dia dapat membentuk berbagai jenis ikatan, baik itu ikatan tunggal, rangkap 2 dan rangkap 3. Sehingga karbon dapat membentuk senyawa sederhana seperti metana, dan senyawa yang sangat kompleks seperti hemoglobin yang ada di darah kamu, seperti yang udah gw sebutin di atas bahwa senyawa-senyawa organik yang ada di tubuh kita, tetap mengandung unsur karbon.

Apa Itu Hidrokarbon?
Ilustrasi SPU 

OK sebelumnya gw udah ngasih contoh bahwa berbagai produk bahan bakar itu ternyata adalah hidrokarbon. Seperti biasa untuk bahasan yang berhubungan dengan bahan bakar gw bakal kasih contohnya adalah bensin, karna si bensin ini sering kita pake, kita liat dan berguna banget bagi kendaraan kita.hehe

Kalau kalian pernah mengisi bensin ke SPBU kalian mungkin akan melihat warna bensin yang berwarna warni sesuai variannya. kamu mungkin melihat cairan itu mengalir ke tangki bensin dengan sedikit adanya uap bahan bakar yang keluar saat bensin dituangkan ke tangki.

Nah itu adalah sebagian dari fenomena fisika dari suatu zat (segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang). Tapi kalau kamu lihat di tingkat molekul, secara ajaib kamu dapat melihat fenomena lain yang tidak dapat kamu lihat dengan pengelihatan biasa. Bensin yang mengalir tadi sebetulnya terdiri dari berbagai macam molekul. 

Sebagian besar molekul penyusun bensin ini adalah hidrokarbon.

Jadi sebenernya wajar sih kalian gatau hidrokarbon, emang si hidrokarbonnya sendiri gabisa dilihat.

Jadi apa itu hidrokarbon?

Apa Itu Hidrokarbon?
Ilustrasi hidrokarbon (materikimia.com)
Hidrokarbon adalah molekul yang hanya terdiri dari unsur  karbon (C) dan hidrogen (H)

Perlu kamu tahu bahwa hidrokarbon ini kalau kita lihat pada tingkat molekul (suatu bentuk yang tidak bisa kita lihat dengan mata biasa) memiliki bentuk yang bermacam-macam. tergantung dari jumlah atom Karbon dan juga Hidrogennya.

Contoh misalnya pada bensin yang sering kamu pakai, hidrokarbonnya terdiri dari empat sampai duabelas atom carbon yang masing-masing dikelilingi oleh atom-atom hidrogen. Ada karbon yang membentuk garis lurus, ada juga yang melingkar. 

Jumlah masing masing unsur dan struktur yang dibentuk akan sangat berpengaruh terhadap sifat fisik dan kimiawinya.

Apa itu sifat fisik dan kimiawinya?

Mungkin secara sederhana gw bisa sebut mereka bisa punya bau yang berbeda, kepadatan yang berbeda, titik lebur dan titik didih yang berbeda, flash point yang berbeda ketika dipanaskan dan direaksikan dengan oksigen dalam proses pembakaran.

Contoh lain misalnya pada reaksi pembakaran. Pada proses pembakaran, KIMIA memberi kita resep pembakaran misalnya pada pembakaran hidrokarbon murni seperti metana (CH4) resep kimia pembakarannya adalah  CH4 + 2H2O menghasilkan CO2 + 2 H2O. tetapi pertunjukan cahayanya merupakan FISIKA nya. Hal ini terjadi karena reaksi pembakaran merupakan reaksi eksotermis, karena dia melepaskan energi dalam bentuk panas dan cahaya yang memiliki spektrum warna sehingga dapat dilihat oleh mata.

Jadi Metana (CH4) adalah hidrokarbon murni yang paling simpel dan dia juga merupakan hidrokarbon jenuh.

Jadi apa yang dimaksud hidrokarbon jenuh?

Hidrokarbon jenuh terbentuk kalo semua karbon yang ada di dalamnya berikatan denga 4 atom lainnya, baik itu atom hidrogen maupun atom lainnya. Karena ada 4 ikatan artinya semua ikatannya tunggal. Jadi ga ada yang rangkap 2 maupun 3.

Hidrokarbon jenuh ini lebih umum dikenal dengan sebutan ALKANA

Jadi METANA adalah contoh alkana yang paling sederhana, karena cuma ada satu atom karbon yang dikelilingi 4 atom hidrogen. Metana adalah komponen utama dari gas alam.

Gimana kalo kita misalnya tambahkan satu atom karbon lagi dan hidrogen-hidrogen untuk ngisi ikatan tunggalnya, dia akan berubah jadi ETANA (C2H6), tambahin satu atom karbon lagi kita dapat alkana berikutnya yaitu PROPANA (C3H8) contohnya adalah gas yang dipakai pada tabung elpiji. Jadi Metana, Etana, dan Propana hanya punya satu jenis struktur. Tapi untuk C4 sampai C10 strukturnya bisa diubah ubah, karena struktur dan jumlah karbonnya berbeda maka sifat fisik dan kimianya bisa berbeda.

Pengertian Hidrokarbon
Hidrokarbon
Tabel Deret Alkana (rumus.co.id)

Jadi karna alkana ini merupakan senyawa kimia tentunya ia dapat bereaksi dengan unsur-unsur atau senyawa kimia lainnya. Tapi ada beberapa reaksi yang unik pada alkana yaitu pada reaksi pembakaran. Contoh metana dan propana yang umum dijadikan bahan bakar. 

Keunikan dari sebuah pembakaran ALKANA itu produknya selalu 2 molekul yaitu karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O)

Jadi kalo kamu lagi masak sama tabung elpiji ya hasil pembakarannya ya cuma CO2 + H2O makanya aman , kamu gapernah keracunan.

Kegunaan Senyawa Hidrokarbon

Hidrokarbon
                Kegunaan senyawa hidrokarbon (rumus.co.id)

Itulah pembahasan mengenai pengertian hidrokarbon (apa itu hidrokarbon?). Baca juga artikel lain seputar sains dan teknologi otomotif di artikel lain di ilmuvokasi.com

                                                        

Post a Comment for "Hidrokarbon: Pengertian, Jenis dan Kegunaan Senyawa Hidrokarbon"