Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya - Alat ukur pneumatik adalah alat ukur yang digunakan untuk melakukan pengukuran pada sistem, dimana sistem tersebut berhubungan dengan tekanan udara (udara terkompresi).

Contoh bagian yang memanfaatkan udara bertekanan pada kendaraan bermotor yaitu tekanan udara yang diberikan pada roda kendaraan dan mekanisme tekanan (kompresi) yang terjadi di dalam sebuah engine.

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya

Sistem pneumatik merupakan teknologi yang memanfaatkan udara terkompresi untuk menghasilkan energi mekanis. Sistem otomotif banyak memanfaatkan mekanisme pneumatik. Untuk melakukan pengecekan tentu juga memerlukan alat ukur pneumatik. Alat ukur pneumatik ini akan bekerja berdasarkan pengaruh tekanan gas/udara.
Pengukuran tekanan udara dapat dibaca dengan bourdon tube gauge

Berikut tipe bourdon tube gauge dalam pengukuran tekanan udara:

1. Pressure Gauge
Pressure gauge digunakan untuk membaca tekanan udara di atas tekanan atmofer

2. Vacum Gauge
Vacum Gauge digunakan untuk membaca tekanan udara di bawah tekanan atmofer.

3. Compound Gauge
Compound Gauge digunakan untuk membaca tekanan udara di bawah ataupun di atas tekanan atmofer.
Satuan yang digunakan dalam alat ukur pneumatik untuk pengukuran kompresi (tekanan udara) diantaranya psi, mm Hg, Bar, atmosphere (atm) dan Pascal (N/m2).
Dibawah ini merupakan tabel konversi satuan dari tekanan yang biasa digunakan dalam dunia otomotif

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya

Berikut merupakan macam-macam alat ukur pneumatik yang biasa digunakan di bengkel otomotif:

  • Radiator Cup Tester
  • Manifold Pressure Gauge
  • Compression Tester
  • Vacum Tester
  • Tyre Pressure Gauge
  • Diesel Injector Tester
  • Manifold Gauge AC

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya:

1. Radiator Cup Tester

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya
Fungsi : mendeteksi ada tidaknya kebocoran pada sistem pendingin kendaraan. Selain itu RCT digunakan juga untuk memeriksa kondisi dari tutup radiator.

Konstruksi : Terdiri dari pompa dan manometer
Pompa pada radiator cup tester berfungsi untuk menghasilkan tekanan, dan nilai dari tekanan pompa tersebut akan terbaca pada manometernya

2. Manifold Pressure Gauge

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya
Manifold Pressure Gauge

Fungsi : Mengukur tekanan atmosfer pada manifold

Pengukuran dengan manifold pressure gauge ini akan memberitahukan jumlah/volume udara yang masuk ke dalam silinder. Hal ini penting untuk diperiksa, kenapa?

Jadi manifold pressure gauge akan mengukur tekanan manifold inlet, dimana hal ini akan menunjukkan jumlah/volume udara yang masuk ke dalam silinder. Kita tahu bahwa mesin bekerja salah satu faktor terpentingnya adalah adanya sistem induksi yaitu bagaimana udara masuk. semakin besar jumlah udara yang masuk ke dalam silinder maka, tenaga yang dihasilkan oleh motor pada mekanisme motor pembakaran dalam akan optimal. 

3. Compression Tester (Alat Tes Kompresi)

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya
Compression Tester

Fungsi : Mengetahui besarnya tekanan kompresi di ruang bakar.

Tekanan kompresi sangat berhubungan erat dengan performa mesin kendaraan, kendaraan yang sudah mengalami kelemahan dalam hal tenaga bisa jadi disebabkan oleh tekanan kompresi yang sudah lemah, akibat adanya kebocoran yang disebabkan oleh ausnya silinder/piston/ring piston di dalam mesin pembakaran dalam (internal combustion engine).

Tekanan kompresi tidak boleh berkurang, karena performa kendaraan juga akan berkurang!
Ketika kendaraan mengalami suatu masalah yang berhubungan hilangnya tenaga yang dihasilkan engine, maka salah satu diagnosa yang akan dilakukan oleh mekanik adalah dengan mengecek tekanan kompresi menggunakan compression tester.

4. Vacum Tester

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya
Vacum Tester

Fungsi : Memeriksa kerja vacum advancer pada distributor kendaraan, mengukur kevakuman pada intake manifold dan komponen lain yang bekerja berdasarkan kevakuman.

Vacum gauge pada vacum tester menunjukan perbedaan antara tekanan atmosfer luar dengan nilai kevakuman pada sistem yang diukur.

5. Tyre Pressure Gauge

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya
Tyre Pressure Gauge

Fungsi : Mengukur tekanan udara di dalam ban, sehingga kita bisa memastikan tekanan ban sesuai dengan spesifikasi (batas yang diizinkan).

Tyre pressure gauge merupakan alat ukur pneumatik yang penggunaannya dengan memasangkan selang ke katup ban (pentil) sehingga nilai tekanan udara di dalam ban dapat terlihat pada bagian manometernya.

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya

Pengecekan tekanan ban menggunakan salah satu jenis alat ukur pneumatik ini penting karena jika tekanan udara di dalam ban kurang maka akan mengakibatkan laju kendaraan menjadi berat, bahan bakar menjadi lebih boros, dan handling pun terasa lebih berat. Hal inilah yang pada akhirnya mengganggu kenyamanan pengemudi ketika berkendara.

6. Diesel Injector Tester

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya
Diesel Injector Tester

Fungsi : Mengukur tekanan penyemprotan nozzle, kebocoran nozzle dan bentuk penyemprotan bahan bakar (dalam hal ini solar).

7. Manifold AC

Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya
Manifold AC

Fungsi : Mengatur (menambah/mengurangi) refrigrant yang mengalir dalam sistem AC, dan memperbaiki kerusakan pada sistem refrigrasi udara.

Manifold gauge AC merupakan alat ukur pneumatik yang memiliki 3 selang, dimana untuk pengukur tekanan bagian kiri (warna biru) disebut dengan compound gauge karena dapat mengukur tekanan positif dan tekanan negatif atau yang disebut juga vakum. untuk selang merah untuk pengukuran tekanan tinggi, dan selang kuning untuk pengisian refrigrant dan pompa vacum.

Range : 30 inci Hg sampai 0 inci Hg untuk mengukur tekanan di bawah tekanan atmosfer, dan 0 atm sampai 250 atm untuk mengukur tekanan diatas tekanan atmosfer.

Demikian pembahasan mengenai macam-macam alat ukur pneumatik dan fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang ingin tau lebih banyak seputar otomotif. Cari informasi lain seputar otomotif dan sains di Ilmuvokasi.com.

Post a Comment for "Macam-macam Alat Ukur Pneumatik dan Fungsinya"