Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemeriksaan Pompa Bahan Bakar Mekanik

Pemeriksaan Pompa Bahan Bakar Mekanik - Pompa bahan bakar merupakan komponen vital dalam sistem bahan bakar. Apabila komponen tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka sistem bahan bakar akan terganggu dan berakibat tidak sempurnanya kerja motor atau bahkan motor menjadi tidak dapat hidup.

Berikut beberapa kerusakan yang sering terjadi pada pompa bahan bakar mekanik:

  • Katup pompa bocor
  • Membran pompa rusak atau sobek
  • Katup pompa bocor
  • Sil perapat bocor
  • Rocker arm patah

Pemeriksaan pada pompa bahan bakar mekanik dapat dilakukan dengan cara mengecek kerja pompa saat terpasang pada motor atau dengan cara melepasnya dari motor

Cara Cek Ketika Pompa Masih Terpasang Pada Kendaraan

Apabila pompa masih terpasang pada motor maka cara memeriksa kerja pompa yaitu dengan melepas selang output yang menuju ke karburator, kemudian motor distart sambil mengamati apakah dari pipa keluar pompa memancarkan bahan bakar. 

Periksa juga apakah lubang udara yang ada bagian bawah pompa basah atau tidak. Seandainya dari lubang tersebut nampak basah akibat bahan bakar yang keluar, dapat disimpulkan membran pompa bahan bakar sobek atau retak-retak. Jika dari pipa keluar tidak memancarkan bahan bakar maka perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan cara melepasnya dari motor.

Pemeriksaan Pompa Bahan Bakar Mekanik

Pemeriksaan pompa bahan bakar mekanik meliputi pemeriksaan katup, membran, dan sil perapat.

Pemeriksaan Katup Masuk

Pemeriksaan Pompa Bahan Bakar Mekanik
Ilustrasi Pemeriksaan Katup Masuk

Pemeriksaan katup masuk dilakukan dengan cara menutup pipa keluar, kemudian rocker arm ditekan atau digerakkan ke kiri. Apabila gerakan rocker arm terasa ringan berarti kondisi katup masuk masih baik. Sebaliknya apabila gerakan rocker arm terasa berat, maka katup masuk mengalami kebocoran.

Pemeriksaan Katup Keluar

Pemeriksaan Pompa Bahan Bakar Mekanik
Ilustrasi Pemeriksaan Katup Keluar

Pemeriksaan katup keluar dilakukan dengan cara menutup pipa masuk, kemudian rocker arm ditekan atau digerakkan ke kiri. Apabila gerakan rocker arm terasa berat berarti kondisi katup masuk masih baik. Sebaliknya apabila gerakan rocker arm terasa ringan, maka katup keluar mengalami kebocoran.

Pemeriksaan Membran

Pemeriksaan Pompa Bahan Bakar Mekanik
Ilustrasi Pemeriksaan Membran

Pemeriksaan membran dilakukan dengan cara menutup pipa masuk dan pipa keluar secara bersama-sama, kemudian rocker arm ditekan atau digerakkan ke kiri. Apabila gerakan rocker arm terasa berat berarti kondisi membran masih baik. Sebaliknya apabila gerakan rocker arm terasa ringan, maka membran mengalami kebocoran/sobek.

Pemeriksaan Sil Perapat

Pemeriksaan Pompa Bahan Bakar Mekanik
Ilustrasi Pemeriksaan Sil Perapat

Pemeriksaan sil perapat dilakukan dengan cara menutup lubang udara yang letaknya di bagian bawah, kemudian rocker arm ditekan/digerakkan ke arah kiri. Apabila gerakan rocker arm terasa berat ketika ditekan, berarti sil perapat masih dalam keadaan baik. Sebaliknya apabila gerakan rocker arm terasa ringan berarti sil perapat sudah mengalami keausan atau kebocoran.

Itulah beberapa pemeriksaan yang bisa anda lakukan untuk mengecek pompa bahan bakar mekanik. Untuk pemeriksaan lain dari komponen otomotif bisa dilihat pada artikel lain di ilmuvokasi.com

Post a Comment for "Pemeriksaan Pompa Bahan Bakar Mekanik"