Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Alat Ukur Mekanik

Macam-macam Alat Ukur Mekanik - Berikut adalah beberapa macam alat ukur mekanik yang sering digunakan:

  1. Jangka sorong (vernier caliper): Alat ukur ini digunakan untuk mengukur dimensi linear seperti ketebalan, panjang, atau diameter benda dengan akurasi yang tinggi.
  2. Mikrometer: Alat ukur ini digunakan untuk mengukur dimensi linear dengan akurasi yang sangat tinggi. Mikrometer terdiri dari beberapa jenis, seperti mikrometer luar, mikrometer dalam, dan mikrometer sekrup.
  3. Penggaris (scale): Alat ukur ini digunakan untuk mengukur dimensi linear seperti panjang atau lebar. Penggaris tersedia dalam berbagai ukuran dan biasanya terbuat dari bahan metal atau plastik.
  4. Busur derajat (protractor): Alat ukur ini digunakan untuk mengukur sudut dengan akurasi yang tinggi. Busur derajat tersedia dalam berbagai ukuran dan biasanya terbuat dari bahan metal.
  5. Kunci inggris (wrench): Alat ukur ini digunakan untuk mengukur ukuran dan membuka atau memasang mur atau baut. Kunci inggris tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis, seperti kunci pas, kunci ring, atau kunci pipa.
  6. Multimeter: Alat ukur ini digunakan untuk mengukur tegangan listrik, arus, atau resistansi pada rangkaian listrik. Multimeter tersedia dalam berbagai jenis, seperti multimeter digital atau analog.
  7. Manometer: Alat ukur ini digunakan untuk mengukur tekanan pada cairan atau gas. Manometer tersedia dalam berbagai jenis, seperti manometer Bourdon, manometer U-tube, atau manometer digital.
  8. Pengukur ketebalan cat (paint thickness gauge): Alat ukur ini digunakan untuk mengukur ketebalan cat pada permukaan logam atau bahan lainnya. Pengukur ketebalan cat tersedia dalam berbagai jenis, seperti pengukur magnetik atau pengukur ultrasonik.
  9. Detektor gas (gas detector): Alat ukur ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan gas beracun atau berbahaya pada lingkungan. Detektor gas tersedia dalam berbagai jenis, seperti detektor gas portabel atau detektor gas tetap.

Itulah beberapa macam alat ukur mekanik yang sering digunakan. Alat ukur mekanik sangat penting digunakan dalam berbagai jenis pekerjaan mekanik untuk mengukur dimensi, sudut, tekanan, dan lain sebagainya dengan akurasi yang tinggi.

Post a Comment for "Macam-macam Alat Ukur Mekanik"