Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Fungsi Karburator pada Kendaraan Bermotor

6 Fungsi Karburator pada Kendaraan Bermotor - Karburator adalah sebuah alat yang sangat penting dalam mesin pembakaran dalam. Fungsinya adalah untuk mencampur bahan bakar dan udara untuk menciptakan campuran yang sesuai untuk pembakaran di dalam mesin. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara kerja karburator secara rinci.

Fungsi Karburator

6 Fungsi Karburator pada Kendaraan Bermotor

1. Penarikan udara

Karburator menarik udara dari lingkungan sekitarnya melalui pipa masuk udara. Udara tersebut kemudian melewati filter udara yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel kecil seperti debu dan kotoran agar tidak masuk ke dalam mesin.

2. Pencampuran bahan bakar dan udara

Setelah udara masuk, karburator mencampurkan bahan bakar ke dalam udara yang telah disaring. Bahan bakar ini disimpan dalam tangki bahan bakar dan disalurkan ke karburator melalui pipa bahan bakar.

3. Regulasi aliran bahan bakar

Karburator memiliki sistem pengaturan aliran bahan bakar yang dikenal sebagai "float chamber". Di dalam float chamber terdapat sebuah pelampung kecil yang mengatur ketinggian bahan bakar di dalam karburator. Jika ketinggian bahan bakar terlalu tinggi, maka pelampung akan mengapung dan menutupkan aliran bahan bakar ke karburator. Sebaliknya, jika ketinggian bahan bakar terlalu rendah, maka pelampung akan turun dan membuka aliran bahan bakar ke karburator.

4. Regulasi udara

Setelah campuran bahan bakar dan udara terbentuk, karburator juga mengatur jumlah udara yang diizinkan masuk ke mesin. Karburator memiliki katup udara yang diatur oleh sebuah stelan yang disebut "choke". Ketika choke dalam posisi tertutup, ia membatasi jumlah udara yang masuk ke mesin, sehingga membantu pembakaran awal ketika mesin dingin. Ketika choke dibuka, jumlah udara yang masuk ke mesin menjadi lebih banyak untuk membantu mesin berjalan lancar.

5. Pengiriman campuran udara-bahan bakar

Setelah campuran udara-bahan bakar terbentuk, karburator mengirimkannya ke mesin melalui manifold. Manifold adalah pipa yang membawa campuran udara-bahan bakar ke ruang bakar di dalam mesin.

6. Pengontrol kecepatan mesin

Terakhir, karburator juga berfungsi sebagai pengontrol kecepatan mesin melalui sebuah stelan yang disebut "throttle". Ketika throttle dibuka, ia memungkinkan lebih banyak campuran udara-bahan bakar masuk ke mesin, yang meningkatkan kecepatan putaran mesin. Sebaliknya, ketika throttle ditutup, jumlah campuran udara-bahan bakar yang masuk ke mesin akan berkurang, yang membuat mesin melambat.

Itulah cara kerja karburator secara rinci. Meskipun sekarang banyak mobil modern yang sudah menggunakan sistem injeksi bahan bakar, namun karburator masih banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan lawas. Dalam mengoperasikan kendaraan yang menggunakan karburator.

Post a Comment for "6 Fungsi Karburator pada Kendaraan Bermotor"