Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah!)

Cara Mengganti Busi Mobil - Busi merupakan komponen yang sangat penting dalam kendaraan, khususnya kendaraan bermotor (tipe bensin) yang menggunakan penggerak berupa internal combustion engine. Busi termasuk ke dalam salah satu dari komponen utama kendaraan tepatnya pada sistem pengapian. Pada sistem pengapian, busi memiliki peran yang sangat penting untuk membuat proses pembakaran di dalam silinder bisa berlangsung. Bagaimana busi bisa melangsungkan proses pembakaran, ini yang tentunya dapat anda ketahui di dalam siklus kerja engine baik siklus kerja pada motor 2 langkah maupun siklus kerja motor 4 langkah dan cara kerja dari sistem pengapian itu sendiri.

Fungsi busi adalah untuk memercikan bunga api listrik ke ruang bakar pada saat yang telah ditentukan. Percikan ini akan membakar campuran bahan bakar dan udara yang telah terkompresi dengan perbandingan kompresi tertentu di ruang bakar. Proses pembakaran ini yang nantinya akan membuat kendaraan bisa dihidupkan dan menghasilkan tenaga.

Jadi jelas sangat penting fungsi busi bagi kendaraan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa setiap komponen pada kendaraan akan mengalami penurunan performa setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu. Ini juga yang biasa terjadi pada busi. Busi memiliki elektroda dimana pada jangka pemakaian tertentu elektrodanya akan semakin aus dan membuat percikan busi tidak lagi seperti saat baru. Hal ini tentunya akan mengganggu performa kendaraan. Bahkan permasalahan yang terjadi pada busi dapat membuat kendaraan sampai tidak bisa dihidupkan atau kendaraan bisa menjadi mogok.

Karenanya pada beberapa busi perlu dilakukan perawatan. Ingat bahwa fungsi busi itu adalah memercikan bunga api listrik kedalm ruang bakar! Karena fungsinya yang demikian kadang-kadang penggunaan bahan bakar yang tidak tepat (banyak mengandung kontaminan) dapat mebuat kepala silinder dan juga busi menjadi berkerak (terdapat endapan karbon) yang tentunya akan mengganggu kerja dari busi. Karenanya untuk kasus yang demikian biasanya pada busi tipe konvensional harus selalu dibersihkan dan diperiksa celah businya menggunakan feller gauge. Pastikan bahwa celah busi sesuai dengan standar (spesifikasi pabrikan) untuk mendapatkan performa busi paling optimal.

Penggantian busi secara berkala (dalam periode waktu tertentu perlu dilakukan). Biasanya untuk busi dengan tipe konvensional akan diganti setiap 20.000 Km. Sedangkan pada jenis busi iridium diganti pada 100.000 Km.

Lalu bagaimana cara untuk mengganti busi jika kita ingin mengganti busi lama dengan busi yang baru? Sebetulnya mengganti busi mobil sendiri cukup mudah. Berikut adalah cara mengganti busi mobil sendiri (bisa kalian lakukan di rumah) tanpa harus menggunakan jasa bengkel.

Cara Mengganti Busi Mobil

1. Buka Kap Mesin Kendaraan

Pertama adalah buka terlebih dahulu kap mesin mobil. Usahakan untuk melepas busi dan menggantinya dengan yang baru, mobil harus dalam kondisi dingin.

2. Cari Lokasi Busi pada Mesin

Kamu bisa mengamati pada bagian depan kap mesin terdapat banyak kabel dan konektor yang mengarah ke bagian mesin bagian atas. Jika mobil kamu adalah kendaraan dengan 4 silinder maka kamu dapat melihat terdapat kabel dengan konektor yang sama berjumlah 4 buah mengarah ke bagian mesin dengan posisi yang berjajar. Begitu juga dengan mobil 3 silinder. Busi terdapat di dalam mesin tepatnya dibawah kabel-kabel tersebut (pada bagian head cylinder).

Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah)

Namun perlu diperhatikan bahwa tiap mobil memiliki posisi busi yang berbeda. Kamu bisa menentukannya dengan membaca buku panduan mobil kamu. Contohnya mesin mobil Toyota Avanza, mesin nya memiliki 4 silinder maka jumlah busi yang dipakai pada tipe ini adalah sebanyak 4 buah yang terpasang dengan kabel busi.

Catatan: 

  • Beberapa tipe kendaraan memiliki mesin yang terlindung oleh cover. jadi penutup ini harus dibuka untuk melihat posisi kabel businya. 
  • Gunakan buku petunjuk untuk melihat lokasi busi dan alat yang dipakai serta ukuran alat untuk membukanya.
  • Jika kamu melepas semua busi, maka sebaiknya tandai tiap kabel agar tidak salah saat melakukan pemasangan.

3. Ketika Akan Melakukan Pekerjaan Tunggu Sampai Mesin Kendaraan dalam Keadaan Dingin

Kendaraan dalam keadaan dingin ini penting untuk keamanan individu ketika akan melakukan penggantian busi. Pada dasarnya ketika kamu menyalakan kendaraan maka akan terjadi proses pembakaran dan pembakaran akan menghasilkan panas. Ketika proses ini terjadi maka komponen yang terdapat pada bagian mesin akan menerima panas yang cukup tinggi termasuk busi sebagai part yang terhubung langsung ke ruang bakar. Ini akan sangat berbahaya jika kalian mengganti busi mobil ketika mobil dalam keadaan masih panas. Maka tunggu sampai kendaraan cukup dingin untuk melepas busi dari kepala silinder.

4. Lepas

Setelah kendaraan dirasa cukup dingin dan kamu telah mengetahui lokasi busi maka selanjutnya adalah melakukan pelepasan. 

Lepas konektor pengapian pada tiap silinder

Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah)

Lepas baut pengikat coil pengapian pada tiap-tiap silinder

Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah)

Lepas coil pengapian dengan cara menariknya

Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah)

Pada dasarnya busi bisa melekat di kepala silinder karena diikat oleh komponen pengikat diatasnya, karenanya untuk melepas baut pengikat dan busi maka perlu disiapkan peralatan yang dibutuhkan. 

Berikut peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti busi:

  • Kunci busi/kunci sok
  • Extension bar (Batang perpanjangan)
  • Kunci torsi
  • Pengukur celah busi (Feller gauge) jika anda ingin juga memeriksa celahnya untuk memastikan ukurannya sesuai dengan cuku pedoman reparasi.
Catatan: saat melakukan pemasangan kembali coil pengapian posisi coil tidak tertukar!

5. Buka Busi 

Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah)

Posisi busi biasanya susah dijangkau karena letaknya yang agak dalam karenanya untuk melepas busi, pertama pasang terlebih dahulu kunci yang sudah disediakan. Kamu bisa menggunakan kunci busi, batang perpanjangan dan juga rachet.

Masukan kunci busi dengan batang extension untuk membuka busi dari tempatnya secara hati-hati.

6. Periksa Celah Busi 

Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah)

Setelah busi terlepas selanjutnya anda harus memeriksa celah elektrodanya menggunakan feller gauge.

Ketika akan memeriksa celah biasanya anda akan menemukan kondisi berikut:

  1. Jarak celah busi tidak sesuai spesifikasi (terlalu lebar) dari yang seharusnya
  2. Elektroda busi yang sudah aus membuat celah busi menjadi semakin besar

Catatan: Pastikan celah elektroda busi sesuai dengan spesifikasi yang terdapat pada buku manual kendaraan. Apabila diluar standar, maka anda bisa melakukan penggantian busi dengan yang baru.

7. Penggantian Busi

Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah!)

Apabila anda akan mengganti busi lama dengan busi yang baru, maka gantilah dengan busi yang memiliki spesifikasi yang sesuai.

Cara paling mudah adalah anda bisa membeli busi baru dengan merek dan spesifikasi yang sama dengan busi lama anda.

8. Pasang Busi Baru 

Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah)

Masukan secara hati hati busi baru. Sebaiknya memasukan busi ke dalam kunci busi terlebih dahulu kemudian memasukan kunci busi tersebut ke rumah busi. kemudian kencangkan terlebih dahulu menggunakan tangan sampai busi terpasang tepat di dalam rumah busi. Kemudian kencangkan dengan memutar kunci busi searah jarum jam.

Catatan : Jangan memasang busi terlalu kencang karena akan merusak ulir bagian dalam dari kepala silinder!

9. Pasang Coil dan Konektor Busi

Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah)

Pasang kembali coil dan konektornya. Perlu diperhatikan jangan sampai salah dalam melakukan pemasangan koil dan konektor!

Catatan: Saat memasang baut pengikat coil, kencangkan sesuai dengan momen pengencangan yang terdapat pada buku panduan kendaraan.

10. Tes Kendaraan

Nyalakan kendaraan dan pastikan semua silinder mesin beroprasi dengan normal (tidak terjadi pincang).

Sekian langkah-langkah cara mengganti busi mobil yang bisa anda lakukan dirumah. Tentunya untuk mengganti busi mobil, anda juga memerlukan peralatan yang dibutuhkan. Jika anda memiliki setidaknya kunci busi, batang perpangjangan dan rachet anda sudah bisa melakukan penggantian busi sendiri di rumah. cari tau seputar dunia otomotif dan teknik di Ilmuvokasi.com

Post a Comment for "Cara Mengganti Busi Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah!)"