Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pemeriksaan Kerja Boster Rem Vakum

Cara Pemeriksaan Kerja Boster Rem Vakum - Booster rem adalah komponen penting dari sistem rem mobil. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa tes diagnostik sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk memastikan booster Anda berfungsi dengan baik dan untuk membantu Anda menemukan potensi masalah.

Kami juga akan menjelaskan gejala umum dari booster rem yang rusak sehingga Anda dapat mengenali, memastikan, dan memperbaiki masalah segera setelah masalah itu mulai terjadi.

Fungsi Booster Rem

Boster rem adalah salah satu komponen yang terdapat pada sistem rem hidrolik yang berfungsi untuk memberi tambahan daya yang diberikan oleh kaki melalui pedal rem ke sistem fluida. 

Intinya dengan adanya booster rem pada sistem rem mobil membuat pengendara tidak memerlukan tenaga yang besar untuk menginjak pedal rem disaat akan memperlambat laju kendaraan. 

Bagi kalian yang belum tau seperti apa booster rem, bisa lihat pada gambar di bawah ini!

Ilustrasi Boster Rem

Tahukah kalian bahwa booster rem yang banyak digunakan pada mobil merupakan booster rem tipe vakum. boster rem tipe vakum bekerja berdasarkan sistem kevakuman yang berasal dari intake manifold mobil. Karena kerjanya adalah dengan mengandalkan kevakuman itulah sebabnya pada saat mobil kalian dalam keadaan mati maka ketika kalian menginjak pedal rem akan terasa sangat keras dan ketika mobil dihidupkan maka pedal rem terasa mudah untuk diinjak.

Kevakuman pada intake manifold tercipta ketika mesin dalam keadaan hidup, maka pada saat mesin mati boster rem tidak akan bekerja.  Kevakuman pada intake manifold akan dihubungkan dengan boster rem melalui sambungan selang karet.

Apabila boster rem tidak berfungsi atau rusak maka untuk melakukan pengereman akan terasa lebih berat.

Penting bagi kita untuk mengetahui apakah booster rem yang terpasang pada mobil yang kita gunakan mengalami kerusakan atau tidak. berikut adalah cara mudah memeriksa boster rem yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah.

Cara Pemeriksaan Kerja Booster Rem

Untuk memastikan bahwa boster rem tipe vakum mengalami malfungsi atau rusak maka perlu dilakukan pemeriksaan.

Perlu diperhatikan!! Sebelum melakukan pemeriksaan boster rem vakum maka periksa apakah ada kebocoran kevakuman yang menuju ke boster rem, apabila terdapat kebocoran maka lakukan perbaikan terlebih dahulu.

OK langsung saja, berikut merupakan langkah-langkah pemeriksaan kerja boster rem :

Pemeriksaan 1

Tekan atau injak pedal rem beberapa kali pada saat mesin mati, dan periksa bahwa tidak ada perubahan jarak cadangan (free play) pedal rem.

Cara Pemeriksaan Kerja Booster Rem
Ilustrasi 1.  Cara Pemeriksaan Kerja Booster Rem

Pemeriksaan 2

Tekan atau injak pedal rem selanjutnya kalian tahan, kemudian starter mobil sampai kendaraan hidup dan rasakan injakan pedal rem. Kemudian perhatikan hal berikut:

  • Apabila injakan pedal rem sedikit terasa turun ketika kendaraan dihidupkan maka boster rem bekerja normal. 
  • Apabila pada pedal rem tidak terjadi penurunan atau posisi tingginya tetap maka kinerja boster rem dalam kondisi tidak baik.

Pemeriksaan 3

Pemeriksaan kekedapan udara pada boster rem vakum

Untuk melakukan pemeriksaan kekedapan udara pada boster rem tipe vakum dapat dilakukan dengan cara :

Langkah 1

Hidupkan mesin selama satu atau dua menit kemudian matikan. Tekan atau injak pedal rem perlahan-lahan beberapa kali. Ketika melakukan injakan pedal rem yang pertama terasa dalam kemudian pada injakan berikutnya kedua dan ketiga pedal rem terasa naik sedikit demi sedikit maka kekedapan udara di dalam boster rem baik. Namun apabila pedal rem langsung naik maka kekedapan udara boster rem tidak baik.

Cara Pemeriksaan Kerja Booster Rem
Ilustrasi 2.  Cara Pemeriksaan Kekedapan Udara pada Booster Rem

Langkah 2

Hidupkan mesin dan injak pedal rem kemudian matikan mesin sambil pedal rem dalam keadaan tetap diinjak. Rasakan apakah terjadi perubahan tinggi pedal dalam waktu 30 detik. Apabila tidak ada perubahan tinggi pedal maka kekedapan boster rem baik. Namun apabila saat pedal rem ditahan kemudian terasa naik maka kekedapan udara boster rem tidak baik.

Cara Pemeriksaan Kerja Booster Rem
Ilustrasi 3.  Cara Pemeriksaan Kekedapan Udara pada Booster Rem

Nah mungkin kalian bertanya tanya untuk apa pemeriksaan kekedapan udara pada boster rem ini perlu dilakukan?

Ok jadi pemeriksaan kekedapan udara pada boster rem perlu ada ini berhubungan dengan keselamatan, jadi apabila kekedapan udara pada boster rem tidak ada maka saat kevakuman pada boster tiba-tiba hilang (misalnya disebabkan karena selang vakum menuju boster rem bocor) maka boster rem masih dapat berfungsi dua sampai tiga kali injakan pedal rem.

Itulah langkah-langkah cara melakukan pemeriksaan kerja dari boster rem, Jadi apabila saat pemeriksaan diketahui bahwa boster rem ternyata mengalami malfungsi dan dalam keadaan tidak baik, maka segeralah lakukan langkah perbaikan!. cari tau seputar dunia teknik dan otomotif di Ilmuvokasi.com

Post a Comment for " Cara Pemeriksaan Kerja Boster Rem Vakum"