Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

Komponen Mesin Mobil dan FungsinyaPada dasarnya bagian mesin mobil terbagi menjadi 2 yaitu bagian yang merupakan komponen statis dari mesin dan bagian yang merupakan komponen mekanis.

Mesin mobil sekarang mayoritas adalah menggunakan mesin dengan penggerak pembakaran internal. Dimana prinsip kerja mesin ini adalah suatu proses yang disebut dengan konversi energi.

Jadi energinya dikonversi dari energi kimia menuju energi mekanik. Karenanya komponen di dalam mesin mobil haruslah ada yang elakukan gerak mekanis. Gerak mekanis ini dapat berupa gerak rotasi maupun gerak translasi.

Komponen Utama Mesin Mobil (Sistem Engine)

1. Komponen mesin yang tidak dapat bergerak

  • Kepala silinder (cylinder head)
  • Blok silinder (cylinder block)
  • Bak oli (carter)
  • Exhaust Manifold
  • Intake Manifold
  • Gasket
2. Komponen mesin yang dapat bergerak
  • Piston
  • Connecting rod
  • Poros engkol (crankshaft)
  • Poros hubungan (camshaft)
  • Timing chain
  • Mekanisme katup (valve)
  • Roda penerus (flywheel)
Diatas adalah komponen utama dari mesin mobil (sistem engine), namun untuk melakukan fungsinya dibutuhkan banyak komponen sebagai penunjang kinerja mesin kendaraan.

Komponen/Sistem Penunjang Kerja Mesin Mobil

1. Komponen Sistem Pengapian Kendaraan
2. Komponen Sistem Bahan Bakar
3. Komponen Sistem Pelumasan
4. Komponen Sistem Pendingin Mobil
5. Komponen Sistem Pengisian
6. Komponen Sistem Starter

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

1. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Cylinder Head

Fungsi
Kepala Silinder (Cylinder Head) berfungsi sebagai penutup silinder bagian atas dan ruang bakar dari mekanisme kerja motor.

Bahan
Cylinder head terbuat dari campuran baja dan allumunium. Kepala silinder harus memiliki daya tahan terhadap panas yang tinggi mengingat fungsinya sebagai ruang bakar.

Pada kepala silinder terdapat lubang katup (valve), saluran masuk, saluran buang, lubang busi, lubang saluran air pendingin, saluran oli dan tempat pemasangan mekanisme katup.

Bentuk
Terkait fungsinya sebagai ruang bakar, berikut model bentuk kepala silinder yang banyak digunakan:

  • Wedge (segitiga siku-siku)
  • Pentroof (segitiga sama kaki)
  • Hemispheric (parabola)

Pada bagian atas dari kepala silinder (cylinder head) dipasang cover yang berfungsi untuk melindungi komponen mekanisme katup, mencegah debu dan kotoran agar tidak masuk dan mencegah agar oli tidak bocor.

2. Blok Silinder (Cylinder Block)

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Cylinder Block

Fungsi
Blok Silinder (Cylinder Block) merupakan bagian utama dari mesin mobil dengan lubang-lubang silinder sebagai tempat piston bergerak translasi (bulak balik) sesuai dengan langkah kerja motor.

Bahan
Cylinder block dibuat dari bahan yang kuat dan juga tebal seperti cast iron. Bahan ini kuat dan dan memiliki ketahanan terhadap panas. 

Konstruksi dan bentuk dari cylinder block sangat dipengaruhi oleh jumlah silinder, susunan silinder, susunan katup, jenis mekanisme katup yang digunakan, dan sistem pendingin kendaraan.

3. Silinder (Cylinder)

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Engine Cylinder

Silinder merupakan bagian mesin mobil yang berfungsi sebagai piston untuk melakukan gerak translasi dan memindahkan serta membentuk panas menjadi tenaga mekanik. Oleh karena itu, jika ingin mesin kendaraan Anda memiliki tenaga yang maksimal, pastikan tidak terjadi kebocoran kompresi yang mungkin terjadi antara silinder dan piston.

4. Poros Engkol (Crankshaft)

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Crankshaft

Poros engkol (Crankshaft) merupakan komponen utama di dalam engine yang berfungsi untuk mengubah gerak translasi piston menjadi gerak putar (gerak rotasi) untuk kemudian disalurkan ke flywheel. 

Untuk menjaga keseimbangan saat mesin bekerja, poros engkol dilengkapi dengan balance weight. Pada poros ini juga terdapat saluran oli untuk menyalurkan oli pelumas pada bantalan crank jurnal dan bantalan pena.

5. Camshaft
Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Camshaft

Camshaft berfungsi untuk mengatur pembukaan dan penutupan katup dengan berbagai perantara mekanik. Bentuk atau profil dari cam sangat menentukan titik pergerakan,kecepatan pembukaan, penutupan katup dan besarnya pengangkatan katup dari dudukannya.

6. Piston

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Piston

Piston memiliki fungsi untuk menerima tenaga ledakan dari proses pembakaran dan meneruskan tenaga ke poros engkol menjadi gerak rotasi dengan perantara batang piston.

Dengan kata lain piston adalah bagian yag berfungsi mengubah energi thermal menjadi energi mekanis. Piston bekerja untuk mengatur langkah kerja motor. baik motor 2 tak maupun motor 4 tak.

Selain fungsi diatas piston juga memiliki fungsi lain yang erat kaitannya dengan cara kerja mesin 2 tak maupun mesin 4 tak. Berikut merupakan fungsi berdasarkan cara kerja engine

  • Menghisap udara masuk ke dalam silinder
  • Memungkinkan terjadinya kompresi
  • Mengubah energi panas menjadi energi mekanis
  • Mendorong gas sisa pembakaran keluar
Semua kejadian diatas berlangsung dalam waktu yang sangat cepat dan tidak akan terjadi jika tidak terdapat piston di dalam cylinder.

7. Batang Piston (Connecting Rod)

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Connecting Rod

Batang piston merupakan komponen yang berfungsi untuk menghubungkan piston dengan poros engkol. Fungsi utama dari batang piston adalah mengubah gerak bolak-balik piston (translasi) menjadi gerak putar (rotasi) pada crankshaft. Karenanya batang piston harus mempunyai kemampuan untuk menahan gaya bolak balik dan gaya putar dalam siklus kerja engine.

8. Pena Piston (Piston Pin)

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Piston Pin

Piston pin berfungsi untuk menghubungkan piston dengan small end pada connecting rod (batang torak) dan untuk meneruskan tekanan pembakaran yang diterima oleh piston ke batang torak.

9. Ring Piston

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Ring Piston

Pada piston biasanya terdapat 3 ring yang meliputi 2 ring kompresi dan 1 ring oli.

  • Fungsi ring kompresi adalah sebagai perekat antara piston dan dinding silinder. Hal ini akan mencegah terjadinya kebocoran kompresi dan menghalau oli masuk ke ruang bakar.
  • Fungsi dari ring oli adalah untuk memberikan pelumasan yang cukup pada dinding silinder ketika mesin beroprasi. 
10. Katup (Valve)
Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Valve

Katup merupakan komponen pada mesin mobil yang dipasang pada bagian kepala silinder. Terdapat dua jenis katup atau katup yaitu katup masuk dan katup buang. Mengingat penempatan valve yang berhubungan langsung dengan ruang bakar biasanya valve ini dibuat dari bahan yang tahan panas dan tahan karat.

Fungsi Katup
Katup In  : mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar ke dalam silinder
Katup Ex : mengatur keluarnya gas buang sisa pembakaran dari dalam silinder. 

11. Bak Oli (Karter) 

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Oil pan

Bak oli berfungsi untuk menampung oli mesin kendaraan. Bak oli terletak di bagian bawah dari blok silinder (cylinder block). Sama seperti bagian lain yang dilalui fluida, bagian karter juga dipasang gasket yang berfungsi untuk menghindari kebocoran pada mesin kendaraan.

12. Fly Wheel

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Flywheel

Flywheel pada mesin mobil memiliki fungsi sebagai penyimpan tenaga mekanik (momen inersia. Momen inersia yang dihasilkan dari proses pembakaran ini perlu disimpan agar kinerja dari mesin tetap stabil dan tidak menurun. Selain itu komponen ini juga merupakan bagian yang memungkinkan kendaraan bisa bergerak ketika dilakukan starter.

12. Exhaust Manifold

Exhaust Manifold

Exhaust manifold memiliki fungsi sebagai saluran gas pembuangan sisa pembakaran. Gas sisa pembakaran akan dikeluarkan melalui komponen exhaust manifold lalu akan disarlurkan melalui knalpot mobil untuk direduksi panas dan tekanan nya sebelum dibuang ke udara bebas.

13. Intake Manifold

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Intake Manifold

Intake manifold pada mesin mobil terdapat pada bagian kepala silinder. Fungsi intake manifold yaitu untuk menjadi saluran udara segar disaat akan memasuki ruang silinder. 

14. Gasket

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Gasket

Gasket merupakan bagian yang sangat penting pada mesin mobil. Gasket biasanya digunakan untuk sambungan komponen yang dilalui fluida baik itu fluida dalam bentuk udara maupun cairan.

Berikut 3 fungsi gasket yang digunakan pada mesin mobil

  • Mencegah kebocoran dan mempertahankan kerapatan contohnya gasket yang digunkaan sebagai penyekat antara cylinder block dan cylinder head dengan tujuan mencegah terjadinya kebocoran oli.
  • Menahan tekanan
  • Menyalurkan panas

Diatas adalah pembahasan mengenai komponen mesin mobil dan fungsinya, komponen diatas adalah komponen utama di dalam sistem engine, selain komponen diatas masih banyak komponen mesin mobil lain berdasarkan sistem sistemnya. Cari tau seputar dunia teknik dan otomotif di Ilmuvokasi.com

Post a Comment for "Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya"