Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Berikut Tips Mengatasinya

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Berikut Tips MemperbaikinyaTahukah kalian pendingin udara atau yang biasa kita kenal sebagai AC sebenarnya mirip dengan perangkat pendingin lain seperti kulkas, hanya mungkin tampilannya berbeda. AC didesain untuk memindahkan panas dari satu tempat (dalam mobil) ke tempat lain (di luar). 

Permasalahan umum yang terjadi pada AC mobil biasanya adalah perihal AC mobil yang sudah tidak dingin. Perlu kalian ketahui, jika terjadi hal demikian tentu banyak hal yang mempengaruhi. Selain karena faktor usia pakai komponen, beberapa hal seperti perawatan dan kebiasaan kita dapat membuat AC mobil menjadi tidak dingin.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Berikut Tips Mengatasinya

Untuk bisa memahami kerusakan yang terjadi pada AC mobil, kalian harus tahu terlebih dahulu apa saja komponen dari AC mobil. Tentunya hal sederhana yang harus kalian ketahui adalah fungsi dari masing masing komponen dan bagaimana cara komponen tersebut bekerja, agar kalian dapat menganalisis kerusakan yang terjadi.

Disini saya membagi komponen AC mobil menjadi 2 bagian, yaitu komponen tekanan tinggi dan komponen tekanan rendah.

Komponen Tekanan Tinggi dan Tekanan Rendah pada Sistem AC Mobil

 Komponen Tekanan Tinggi 

Berikut merupakan komponen pada sistem AC yang termasuk ke dalam komponen tekanan tinggi:

  • Kompresor
  • Kondensor
  • Receiver
  • Saluran tekanan tinggi
  • Katup ekspansi

 Komponen Tekanan Rendah 

Komponen tekanan rendah pada sistem AC mobil terdiri dari:

  • Evaporator 
  • Saluran tekanan rendah

Fungsi Komponen Sistem AC Mobil

Kompresor

Kompresor berfungsi menghisap refrigeran dari bagian tekanan rendah dan mendorong /menekanan ke bagian tekanan tinggi, atau dapat dikatakan sebagai pompa karena memiliki fungsi untuk mensirkulasi refrigeran dan menciptakan perbedaan tekanan referigerant pada sisi rendah dan tinggi. Kompresor diputar oleh puli poros engkol yang dihubungkan dengan belt.

Kondensor

Kondensor berfungsi melakukan proses kondensasi yaitu merubah refrigeran dari wujud uap menjadi wujud cair, melalui proses pendinginan atau pelepasan panas.

Receiver

Receiver memiliki beberapa fungsi diantaranya, berfungsi sebagai filter yang menyaring kotoran pada refrigeran hasil kondensasi, memisahkan refrigeran yang berbentuk uap dan cair, dan menyerap uap air yang terkandung pada refigeran (fungsi dryer) karena pada receiver terdapat zeolite yang dapat menyerap uap air.

Saluran Tekanan Tinggi

Saluran tekanan tinggi untuk mengalirkan refrigeran pada tekanan tinggi yaitu 15 kg/cm2

Katup Ekspansi/Exvantion Valve

Katup ekpansi merupakan katup pembatas tekanan tinggi dengan tekanan rendah. Pada katup ekspansi, refrigeran dalam bentuk cair mengembang dengan cepat melalui lubang kecil pada katup ekspansi menjadi bentuk uap. Adanya perubahan tekanan tersebut menyebabkan refrigeran mengalami penurunan suhu yang drastis.

Evaporator

Evaporator merupakan komponen tempat terjadinya penyerapan panas udara yang disirkulasikan ke dalam kabin. Di evaporator ini refrigeran berubah wujud dari cair menjadi uap. Perubahan wujud ini karena adanya penyerapan panas dari udara yang melewati evaporator oleh refrigeran yang suhunya lebih dingin. 

Saluran Tekanan Rendah

Saluran tekanan rendah berfungsi untuk mengalirkan refrigeran pada tekanan rendah yaitu 2,1 kg/cm2

Cara Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin

1. Menjaga kabin tetap bersih

Step pertama yang bisa kalian lakukan adalah selalu menjaga kebersihan di area kabin kendaraan. Setidaknya bersihkanlah area kabin dari kotoran dan debu yang menempel karena rutinitas harian, terlebih lagi jika kendaraan sering membawa penumpang.

2. Rutin membersihkan filter AC

Lakukanlah pembersihan pada filte AC minimal sebulan sekali. Semprotlah filter AC menggunakan udara bertekanan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mnempel. Jika filter AC pada mobil anda dirasa sudah terlalu kotor anda bisa melakukan penggantian. Filter AC yang bersih akan membuat udara di dalam kabin menjadi lebih bersih dan segar

3. Rutin membersihkan kondensor AC

Kondensor yang dipenuhi debu dan kotoran akan menurunkan kualitas udara yang masuk ke dalam kabin. membuat kinerja dari sistem AC tidak optimal dan menyebabkan udara yang keluar ke kabin menjadi tidak dingin.

4. Jangan menyalakan AC secara  langsung

5.Parkir di tempat yang teduh


Sekian pembahasan mengenai Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Berikut Tips Mengatasinya, cari juga informasi seputar dunia otomotif dan sains pada artikel lain ilmuvokasi.com

Post a Comment for "Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Berikut Tips Mengatasinya"