Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Sistem Pengapian Konvensional

Komponen Sistem Pengapian Konvensional - Komponen sistem pengapian konvensional mobil terdiri dari beberapa bagian yang bekerja sama untuk menghasilkan percikan api pada busi dan membakar campuran udara-bahan bakar di dalam ruang bakar mesin. Berikut adalah beberapa komponen penting dalam sistem pengapian konvensional mobil:

Komponen Sistem Pengapian Konvensional

  1. Koil: Berfungsi untuk mengubah tegangan listrik dari baterai mobil menjadi tegangan yang lebih tinggi dan cukup besar untuk menghasilkan percikan api pada busi.
  2. Distributor: Berfungsi untuk mendistribusikan tegangan listrik dari koil ke setiap busi pada mesin mobil.
  3. Rotor: Berfungsi untuk membawa tegangan listrik dari koil ke distributor dan mendistribusikannya ke setiap busi pada mesin mobil.
  4. Busi: Berfungsi untuk membakar campuran udara-bahan bakar di dalam ruang bakar mesin dengan menghasilkan percikan api.
  5. Kabel busi: Berfungsi untuk menghubungkan busi dengan koil dan distributor sehingga tegangan listrik dapat mengalir dengan lancar.
  6. Saklar pengapian (ignition switch): Berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan sistem pengapian pada mobil.

Semua komponen ini harus berfungsi dengan baik agar sistem pengapian konvensional mobil dapat beroperasi dengan efisien dan menghasilkan percikan api yang cukup untuk membakar campuran udara-bahan bakar di dalam ruang bakar mesin. Jika salah satu komponen rusak atau bermasalah, maka hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja mobil dan dapat menyebabkan masalah pada pembakaran bahan bakar di dalam mesin mobi

Post a Comment for "Komponen Sistem Pengapian Konvensional"