Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Sistem Pemindah Tenaga pada Mobil

Komponen Sistem Pemindah Tenaga pada Mobil - Sistem pemindah tenaga pada mobil adalah bagian penting yang berfungsi untuk mengubah tenaga dari mesin ke roda agar mobil dapat bergerak. Komponen-komponen yang terdapat dalam sistem pemindah tenaga pada mobil antara lain:

Komponen Sistem Pemindah Tenaga pada Mobil

Mesin: Merupakan sumber tenaga utama pada mobil. Mesin terdiri dari beberapa komponen seperti blok mesin, silinder, piston, kopling, dan flywheel. Mesin ini akan menghasilkan tenaga melalui proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar.

Transmisi: Merupakan sistem yang berfungsi untuk mengubah torsi dari mesin ke roda agar mobil dapat bergerak. Transmisi terdiri dari beberapa komponen seperti kopling, transmisi manual, transmisi otomatis, shift cable, shift linkage, dan torque converter.

Kopling: Berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan transmisi. Kopling terdiri dari beberapa komponen seperti cakram kopling, piringan kopling, dan per.

Differential: Berfungsi untuk membagi tenaga dari transmisi ke roda belakang agar roda bisa berputar dengan kecepatan yang berbeda. Differential terdiri dari beberapa komponen seperti ring gear, pinion gear, dan spider gears.

Poros penggerak: Berfungsi untuk menghubungkan differential dengan roda agar mobil dapat bergerak. Poros penggerak terdiri dari beberapa komponen seperti u-joint, slip joint, dan carrier bearing.

CV Joint: Berfungsi untuk menghubungkan poros penggerak dengan roda depan agar roda bisa bergerak dengan berputar dan terus terhubung meskipun pada saat mobil melintasi jalan yang bergelombang. CV Joint terdiri dari beberapa komponen seperti inner joint, outer joint, dan boot CV.

Roda: Berfungsi untuk menopang mobil dan menjadi media penggerak mobil. Roda terdiri dari beberapa komponen seperti ban, velg, baut, dan mur.

Demikianlah beberapa komponen sistem pemindah tenaga pada mobil. Semua komponen tersebut harus berfungsi dengan baik agar mobil dapat bergerak dengan lancar dan aman. Perawatan dan perbaikan secara teratur pada sistem pemindah tenaga akan memastikan mobil Anda berjalan dengan baik dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan, cari tau seputar dunia otomotif lainnya di Ilmuvokasi.com

Post a Comment for "Komponen Sistem Pemindah Tenaga pada Mobil"